DomaiNesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tentang blog ini

Saya mulai belajar coding secara serius sejak sekitar tahun 2015, dimana waktu itu saya sedang mengerjakan tesis. Sejak tahun 2000-2005 sebenarnya saya mencoba belajar, tapi sepertinya waktu itu saya salah memilih bahasa pertama untuk dipelajari.

Mungkin sedikit aneh, karena meskipun latar belakang pendidikan saya adalah Arsitektur, tesis yang saya ambil terkait tsunami.

Yah, tetap ada kaitannya sih, karena tema tesis saya itu saya kaitkan dengan spatial configuration (konfigurasi spasial) yang sebenarnya sifatnya keruangannya lebih luas (bukan ruang di dalam bangunan arsitektur semata).

Keruangan di sini lebih seperti dalam istilah tata ruang, mengingat waktu itu saya masih jadi salah satu staf di sebuah kantor yang membidangi tata ruang.

Long story short, karena tema tesis saya mengenai tsunami dan kebetulan di lokasi studi saya belum saya temukan simulasi tsunami yang saya butuhkan sebagai dasar untuk melakukan analisis pada kawasan studi saya yang lebih mikro, maka saya mau tidak mau harus running sendiri sekian kali simulasi tsunami based on model sumber tsunami yang telah tersedia di dalam literatur.

Dari situlah saya mulai mengenal coding. Karena library/module yang saya gunakan untuk simulasi tsunami merupakan python module, jadilah saya belajar Python 2.7. 

Barulah setelah saya berhasil menulis dan menjalankan program untuk simulasi tsunami tersebut (dengan berbekal membaca dari dokumentasi), saya jadi makin tertarik belajar bahasa pemrograman komputer.

Setelah itu, saya mencoba-coba juga beberapa bahasa lain seperti php dan javascript. 

Selama belajar itu sampai sekarang, sepertinya saya lebih banyak gagal ketimbang berhasil dalam belajar pemrograman. Tanpa latar pendidikan teknologi informasi, saya mulai belajar seperti orang yang mencari sesuatu dalam gelap. Tak ayal butuh sekian tahun buat saya untuk mempelajari skillset satu ini.

Untuk itu, space ini saya buat untuk menemani saya belajar, gagal dan memperbaikinya, dan mencatatkan solusi-solusi kecil yang akan menjadi anak tangga bagi saya untuk memahami lebih baik lagi.

Selain itu, saya berharap ruang ini akan menjadi ruang berbagi untuk sesama pembelajar yang menemui rintangan-rintangan di tengah jalan mereka, seperti saya...   

Semoga sesuatu yang sederhana ini ada manfaatnya...


Wassalam.