Alhamdulillah, kegiatan belajar bareng Komunitas melek IT Politeknik PU yang ketiga (Sesi #3) dapat kembali terlaksana pagi ini, tanggal 1 Mei 2021.

Kalau biasanya tanggal 1 Mei ada demo, kalau kita hari ini juga demo tapi demo yang lain, yaitu demo penggunaan Figma untuk desain User Interface (UI)/User Experience (UX) aplikasi mobile.

Saya mengambil tema UI/UX dan sharing mengenai Figma pada sesi-sesi yang awal ini karena saya rasa belajar Figma tentu akan lebih mudah dibandingkan langsung belajar coding/pemrograman. Hal ini karena untuk dapat menghasilkan sesuatu (dalam hal ini prototype/purwa rupa/mock up) dengan menggunakan Figma tidaklah sulit.

Selain itu, untuk belajar Figma juga bisa dibilang hampir tidak membutuhkan prerequisite (kemampuan awal) khusus, jadi para pemula dapat dengan mudah mempelajarinya.

Poin plus yang akan didapat setelah mempelajari Figma tentunya kita jadi bisa menuangkan ide kita (apabila kita memiliki ide pembuatan aplikasi baik aplikasi web, desktop maupun aplikasi mobile) menggunakan Figma menjadi mock up yang bisa jadi modal kita untuk melakukan validasi awal atas ide kita.

Di sini maksudnya kita dapat melakukan validasi apakah ide kita tersebut layak/feasible untuk diteruskan/diwujudkan betul-betul menjadi sebuah aplikasi yang mungkin nantinya banyak orang akan tertarik untuk menggunakannya.

Jadi, tanpa harus menguasai skill coding/pemrograman pun seseorang yang memiliki ide sudah bisa menuangkannya ke dalam bentuk prototipe. Nah, baru apabila prototipe tersebut setelah divalidasi ke calon pengguna/usernya ternyata mendapat sambutan positif, kita tentu dapat meneruskan ide tersebut ke programmer yang memang ahli untuk dapat diwujudkan menjadi sebuah aplikasi betulan.

Nah, monggo, silahkan disimak ngulik-ngulik kita yang telah dilaksanakan pagi ini di video berikut. Selamat ngulik! :)


Semoga bermanfaat!