Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Upload File ke server dengan Flask-WTForm

Tulisan pendek ini membahas implementasi saya saat membuat aplikasi web untuk salah satu unit di kampus dimana saya diamanahi tugas tambahan. Saya mencoba membuat aplikasi sederhana untuk pendaftaran proposal penelitian dan PkM dengan teknik rapid prototyping menggunakan Flask.

Salah satu problem yang harus dipecahkan yaitu bagaimana cara Upload File ke server dengan Flask-WTForm.

Saya membangun web app tersebut dengan Flask. Alasannya sederhana, saya menyukai kesederhanaan yang dimiliki Flask micro-framework. Kalau digambarkan dengan 3 kata poin menarik yang dimiliki Flask itu: simplicity, straightforward, dan highly scalable. Setidaknya ini dari sudut pandang pemula seperti saya.

Simple karena kodenya pendek tapi powerful. Aplikasi yang dibangun sudah bisa jalan dengan kode yang pendek.

Straightforward karena pas coding ya to the point aja langsung ke problem yang mau diatasi. Flow data juga jelas karena pattern-nya MVC yang familiar (ini kalau saya bandingkan dengan di React Native ya hehe).

Scalable ini yang belum saya pelajari dan ingin saya pelajari, mulai dari background task (integrasi dg celery atau yg service worker lain, serta redis) atau pattern ke arah micro-service (containerization dsb).

Tapi kembali lagi ke pokok bahasan, kali ini saya membuat catatan (untuk diri sendiri) sekaligus share cara upload file ke server dengan Flask-WTForm.

carikutu.com

carikutu.com

carikutu.com

Nah, implementasi saat kita upload yaitu dengan menampilkan form object di dalam template jinja:

Demikian, semoga bermanfaat..


Post a Comment

0 Comments