Skip to main content

Belajar Coding Intensive Bootcamp Online 300 ribuan selama Sebulan dapat apa saja?

Sekedar catatan sedikit tentang apa yang saya pelajari saat mengikuti online intensive coding bootcamp kelas project React Native selama sebulan kemarin.

Pada umumnya cukup menantang karena setiap hari harus catch up dengan materi yang diberikan dan tugas harian (ya, tugasnya pun setiap hari, jadi peserta mau tidak mau harus coding tiap hari). Selain itu ada quiz tiap akhir pekan atau dalam kasus kelas project tiap akhir pekan harus menyelesaikan Mini Project yang merupakan bagian dari Final Project.

Lalu apa saja yang dipelajari selama sebulan tersebut? (dengan biaya Rp 300 K itu? *atau Rp 200K karena saya dapat voucher 100rb).

Beberapa hal yang saya pelajari:

  • SplashScreen dan onBoarding 
  • Register (dengan OTP) 
  • Login (dengan JWT ke API Sanbercode, Google Sign In dengan firebase, serta local sign in dengan sidik jari / fingerprint) 
  • Passing data dengan menggunakan route.params melalui navigation, passing data dengan konteks ({useContext}) serta melalui props 
  • Home Page kekinian memanfaatkan StyleSheet react-native 
  • StackNavigator dan BottomTabNavigator dengan Icon dari MaterialIcons 
  • Asyncstorage untuk penyimpanan token saat login 
  • Integrasi dengan Mapbox dengan library MapboxGL (dan penggunaan native hardware yaitu GPS) 
  • Integrasi real time messaging dengan firebase 
  • Chart (masih erro saat mengatur tampilannya) 
  • Penggunaan fitur native camera dengan RNCamera untuk mengambil foto dan upload foto ke API 
  • yang terpenting juga adalah fitur Pembayaran real time dengan integrasi ke payment gateway midtrans 
  • dan tidak ketinggalan integrasi push notification dengan OneSignal

Nah kurang lebih itulah yang berhasil saya pelajari dalam intensive coding bootcamp dalam sebulan terakhir ini (ditambah sebulan sebelumnya di kelas RN dasar). 

Saya rekomendasikan kelas Indonesia Mengoding khususnya kelas RN dasar dan RN kelas project (khususnya di kelas lanjutan dimana trainer mas Zakky MF sangat helpful membantu peserta bootcamp, mungkin karena pesertanya dikit hanya 9 orang kemarin he he he...). 

Kalau rekans tertarik ikut, bisa juga pakai kode afiliasi saya: INTENSIFCODING, karena ada diskon 10% (kalau belum ada perubahan kebijakan dari Sanber). Oke semoga bermanfaat! :)

Nah berikut adalah Demo video app yang telah saya selesaikan untuk Final Project kelas React Native lanjutan Batch 21 dalam program Indonesia Mengoding - intensive online coding bootcamp Sanbercode.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengambil Foto dengan RNCamera dan Upload Foto ke API di React Native

Berikut ini catatan singkat saya saat belajar mengambil dan upload foto ke API menggunakan React Native yang saya pelajari saat mengikuti Indonesia Mengoding Intensive Coding Bootcamp React Native Kelas Project yang diadakan Sanbercode. Sebelumnya, bukan bermaksud iklan, namun pengalaman saya mengikuti batch online intensive coding bootcamp di Sanbercode cukup recommended (khususnya jika kita sudah memiliki sedikit saja dasar pengetahuan programming. Jika belum ada dasar pengalaman pemrograman, Sanbercode juga menawarkan kelas dasar yang bisa diikuti pemula). Jadi ini adalah honest review. Saya sendiri telah mengambil kelas Laravel Web Devt (30 hari), React Native Dasar (30 hari) dan React Native lanjutan atau kelas project (30 hari). Investasi totalnya hanya 700 ribu rupiah (3 bulan intensive online bootcamp!), itu jika tanpa potongan.  Dengan biaya 200 ribu rupiah untuk kelas dasar dan 300 ribu rupiah untuk kelas project, saya rasa jika dibandingkan Coding Bootcamp lain yang harga

Cara atau Solusi Mengatasi java.lang.OutOfMemoryError :app:mergeDexRelease FAILED saat Build APK di React Native

 Pernah mengalami error java.lang.OutOfMemoryError :app:mergeDexRelease FAILED saat Build APK di React Native? Ente nggak sendirian Ndan .. Saya juga pernah mengalami error serupa..   Cara mengatasi / solusi / obatnya ternyata cukup simple. Untuk memastikan bahwa pada saat build APK/AAB tidak terjadi OutofMemory error, kita bisa melakukan setting pada file gradle.     Nah, udah tenang kalau sudah ada build successfull hehe.. Semoga bermanfaat..